Jumat, 08 Oktober 2010

Perkembangan tekhnologi harware dan software yang ada di fakultas MIPA


SOFTWARE
Di fakultas MIPA perkembangan softwarenya tidak terlalu menonjol dan tidak mengalami perubahan yang begitu pesat,itulah keterangan yang saya dapat dan saya pahami ketika saya mewawancarai beberapa kaka tingkat.salah satunya tidak jauh perkembangan internet yang ada di fakultas mipa yaitu mikrotik hotspot.selanjutnya proses pembentukan KRS yang sekarang sudah di perbaharui yang dulunya hanya menggunakan KRS manual sekaranag diproses dan dibentuk dengan proses online.
Dengan adanya KRS yang diprogramkan dengan sistem KRS online ini dapat mempermudah para mahasiswa yang ingin melakukan pengurusan mendaftar ke Universitas Mulawarman,dalam pengurusanya juga lebih praktis dan efisien lebih mudah dan tidak merepotkan.
Setelah itu perkembangan tentang open source di Fakultas MIPA pun Lumayan pesat dan terus berkembang ini dibuktikan dengan berkembangnya windows yang sebelumya memakai windows ME lalu berubah menjadi windows XP sp1,sp2 sampai ke XP sp 3. Windows Vista pun sekarang sudah mulai berkembang menjadi windows 7 tetapi windows tersebut hanya digunakan oleh pribadi saja misalnya para mahasiswa dan beberapa dosen yang ada di fakultas MIPA.

HARDWARE
Berkembangnya sisi hardware sendiri pun hanya menyangkut perubahan spesifikasi dari komputer itu sendiri  Tidak terlalu banyak yang berubah, beberapa contoh dari hardware yang mengalami perkembangan itu sendiri adalah mungkin berawal dari sd – ram, yang sebelumnya menggunakan DDR1, kemudian menjadi DDR2, dan kemudia hingga sampai sekarang ini yang telah menggunakan  DDR3.
Selanjutnya adalah kapasitas ram yang perlahan mulai berubah yang dimulai dari 128 mb, menjadi 256mb, kemudian 512mb, dan hingga saat ini yang telah menggunakan sampai menjadi 1 gb.
Kemudian, untuk jenis processor juga terus mengalami perubahan. Yang sebelumnya hanya menggunakan processor jenis Pentium empat, kemudia menjadi core 2 duo. Dan juga penggunaan intel core yang lainnya termasuk juga penggunaan processor AMD.
Dalam penggunaan monitor juga mengalami perubahan. Yang sebelumnya menggunakan monitor jenis tabung saat ini hapir semuanya telah menggunakan monitor jenis  LCD yang lebih terang dan jernih dalam kualitas grafik gambar dibandingkan jenis monitor tabung, dan tentunya juga monitor LCD lebih ramah lingkungan.
Lalu pada system ajar – mengajarnya sendiri pun juga telah mengalami perubahan. Saat ini telah menggunakan LCD proyektor. Sehingga membuat dosen lebih mudah dalam memberikan suatu materi perkuliahan berbentuk presentasi yang tentunya lebih menarik dan lebih fresh dibandingkan jika hanya menggunakan metode belajar mengajar yang biasa.
Ini adalh software – software yang sangat penting untuk menjalankan sebuah komputer

0 komentar:

Posting Komentar